Geologi dan Bumi



                                        Hasil gambar untuk bumi 
Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, baik itu material penyusunnya, perubahan-perubahan yang terjadi di permukaan atau di bawah permukaan, serta sejarah pembentukannya.
            Ahli geologi mempelajari asal-usul, karakteristik, dan komposisi  batuan dan mineral. Para ahli geologi juga mengeksplorasi sumber daya alam seperti bahan bakar fosil, minyak bumi, dan gas alam serta sumber daya mineral seperti logam.

            Bumi dikelilingi oleh hidrosfer, biosfer, dan atmosfer. Hidrosfer merupakan lapisan air yang berada di permukaan bumi. Hidrosfer termasuk sungai, danau, laut, tanah basah, uap air, air tanah di kedalaman kurang dari 2 meter, dan juga air yang membeku di glasier.
            Atmosfer adalah lapisan bumi berupa gas-gas yang sebagaian besar terdiri atas nitrogen (78%) dan oksigen (20%). Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan diantaranya terdapat ozon yang bertugas memfilter sinar ultraviolet yang masuk ke dalam bumi.
            Biosfer adalah zona di permukaan yang dihuni oleh kehidupan. Sementara Litosfer adalah lapisan terluat bumi atau biasa disebut sebagai kulit bumi yang kaya akan silikat.
            Seorang geologist yang mempelajari fosil disebut Paentologis. Fosil merupakan sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu. Para paentologist meneliti tentang sejarah kehidupan melalui penjelasan fosil dan bukti-bukti yang terawetkan pada batuan.

            Di permukaan bumi, terjadi dua proses alam, yaitu proses internal dan proses permukaan. Proses internal adalah proses yang memberikan bentuk terhadap permukaan bumi. Contoh dari proses internal adalah pembentukann gunung, erupsi gunung berapi, longsor, dan lain-lain.
            Sementara proses permukaan adalah proses yang merusak permukaan bumi yang telah dibentuk. Sebagian besar proses permukaan disebabkan oleh air. Contoh dari proses permukaan adalah terbentuknya Grand Canyon yang dinama batuan disana terkikis karena air.

            Uniformitarisme adalah suatu teori yang menyatakan bahwa perubahan geologi terjadi dalam periode waktu lampau melalui urutan peristiwa yang tidak berasa. Ide ini dirumuskan oleh James Hutton, seorang petani yang tinggal di Scotlandia pda akhir 1700-an. Ide tentang Uniformitarisme ini dikenal juga dengan The present is the key to the past.
            Katatropisme adalah stau teori yang menyatakan bahwa perubahan geologi berlangsung sangat cepat. Teori ini dikatakan oleh William Whewel. Dia menulis bahwa geologi masa lampau bias jadi mengalami serangan hebat dan bencana (catastrophic). Bancana itu merubah permukaan bumi secara cepat. Tentu teori ini bertentangan dengan teori Uniformitarisme.
            Kedua teori ini sangatlah bertolak belakang dan masing-masing pengikut dua teori ini berpegang teguh terhadap apa yang dianut mereka. Belakangan, para ahli mengatakan bahwa kedua teori ini tidaklah salah dan keduanya memang terjadi di muka bumi. Contoh uniformitarisme adalah perpindahan Amerika Utara kearah barat yang sangat lambat dan hanya dapat dideteksi oleh instrument yang positif. Sementara contoh dari Katatropisme dalam sejarah bumi yaitu meteroit raksasa yang menghantam bumi mengakibatkan bumi yang awalnya lurus pada sumbunya menjadi miring sehingga mengakibatkan perubahan iklim pada belahan bui utara dan selatan

            Saat ini para ahli geologi memperkirakan usia bumi sekitar 4,6 juta tahun yang dibagi dalam unit-unit yang terpanjang dalam Skala Waktu Geologi.
            Banyak teori yang dikatakan oleh para ahli tentang terbentuknya tata surya. Suatu hipotesis tentang tata surya berdasarna perilaku debu dan gas di jagat raya. Teori ini disebut teori awan debu. Teori ini menceritakan bahwa pada aktu lampau terdapat sebuah awan besar, menyebar, dan membeku dari debu dan gas yang berotasi lambat di jagat raya. Atraksi gravitas yang kecil mengakibatkan partikel debu dan gas tertarik ke bagian pusat awan membentuk bola. Ketka proses kondensasi berlanjut, awan berotasi lebih cepat dan bola berubah bentuk menjadi cakram. Partikel-partikel di bagian tengah cakram berkembang menjadi matahari dan gas-gas di bagian luar terpecah membentuk gumpalan-gumpalan kecil yang akhirnya membentuk bola-bola batuan kecil yang dissebut dengan planetesimal. Planetesima-planetesimal kemudian bergabung membentuk sebuah planet besar termsuk Bumi.
                   Hasil gambar untuk solar system
          
Tata Surya Modern
Saat ini tata surya yang kita kenal memiliki Matahari dan delapan planet yang mengitarinya. Empat planet yang paling dekat dengan Matahari disebut planet-planet Terrestrial karena memiliki sifat seperti bumi. Empat planet lainnya tersusun atas liquid dan gas dengan sedikit batuan dan inti logam. Empat planet ini disebut planet Jovian.

            Bumi modern bentuknya berlapis-lapis. Pusat bumi tebal dan inti yang panas tersusun atas besi dan nikel. Mantel tersusun dari sebagian besar batuan padat yang mengelilingi inti yang merupakan 80% dari volume bumi. Kerak adalah lapisan terluar di permukaan bumi yang tersusun atas batuan. Radius bumi sekitar 6370 km. temperature dan tekanan bumi meningkat berdasarkan pertambahan kedalaman.

            Permukaan bumi berubah secara frekuentif dan dramatis dalam sejarah yang panjang. Komposis atmosfer dan iklim berubah. Glacier menutupi bagian benua lalu mencair, erupsi gunung api dan serangan meteroit terjadi. Banyak proses-proses geologi yang menjadikan manusia dalam keadaan bahaya. Disinilah peran para ahli geologist dalam menganalisis bencana geologis yang akan berdampak pada implementasi kebijakan manusia. Analisis biaya yang dilakunan yaitu membandingkan biaya dari pemecahan masalah dengan keuntungan moneter dan solusi terbaik yang diambil.

SUMBER:
Manyoe, I N. 2016. Geologi dan Bumi. from http://geophysicsspace.co.id. 1 September 2016
google image
Noor, Jauhari. 2012. Pengantar Geologi. From http://dokumen.tips/documents/pengantar-geologi-2012-djauhari-noor.html. 1 September 2016
GeoCreative 2016
Teknik Geologi '16 
SITI CHUSNUL CHATIMAH NURRAHMAH 


Komentar

Posting Komentar