Wayang Windu, The Bright Star of Indonesia Geothermal

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Wayang Windu, Padeglang Jawa Barat (Dok. Kementrian ESDM)



Terletak di pertemuan tiga lempeng dunia serta menjadi salah satu negara yang termasuk zona 'Ring of Fire', Indonesia menjadi negara yang memiliki potensi geotermal yang sangat besar. Energi yang dihasilkan oleh aktivitas tektonik serta aktivitas vulkanisme ini dapat dimanfaatkan sebagai cadangan energi terbaruhkan yang sangat ramah lingkungan. Energi geothermal yang dimiliki Indonesia ini dapat dimanfaatkan sebagai penyuplai listrik untuk negeri kita.

Sadar akan potensi yang dimiliki oleh negeri kita ini, sudah beberapa titik-titik geothermal yang digunakan manfaatnya sebagai wisata maupun sebagai daya pembangkit listrik. Berdasarkan data dari indonesia-investments.com, Indonesia berada di urutan ke tiga jumlah penggunaan energi geothermal di dunia yaitu sebesar 1,197 MWe. Angka ini akan terus meningkat dimana selama ini penggunaan energi geothermal hanya sekitar 5% dari banyaknya spot yang sudah dieksplorasi. Salah satu spot yang sudah dimanfaatkan energi geothermalnya ada di daerah Pangalengan, Jawa Barat.

Titik Geothermal yang terletak sekitar 40 km di selatan Kota Bandung ini telah dimanfaatkan energinya sebagai PLTP ini telah memiliki dua unit pembangkit, yaitu masing-masing memiliki energi sebesar 110 MW dan 117 MW (wikipedia.com). Besarnya energi yang digunakan membuat PLTP ini menjadi PLTP terbesar di Indonesia.


Komentar